Tuesday, August 31, 2010

mari i'tikaf

Assalamualaikum wr wb.

Hari ini, 21 Ramadhan 1431 H yang bertepatan dengan Senin 31 Agustus 2010 insya Allah kita memasuki sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan 1431 H. Rasul Muhammad SAW mencontohkan i’tikaf (bermukim di masjid) selama sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan yang mulia. Bahkan di tahun dimana beliau wafat, Rasul ber itikaf pada 20 malam terakhir Ramadhan.

Bagi akhi yang bisa menjalankannya, mari kita lestarikan warisan sunnah Rasul yang sangat mulia untuk kita kerjakan ini. Hadits mengenai hal ini sudah banyak sekali dan shahih sanadnya. Bagi yang bekerja di kantoran, sebaiknya mengambil cuti karena begitu mulianya ibadah di 10 hari terakhir ini hingga Rasul pun membebaskan mereka yang beri’tikaf untuk TIDAK menjenguk orang sakit maupun menghadiri pemakaman jenazah. Subhanallah …!!!
Silakan baca artikel bagus di LINK ini agar semuanya semangat menyambut hadirnya sepuluh hari terakhir Ramadhan ini.



Tak ada aturan mengenai apa yang harus dilakukan di dalam masjid, yang penting berniaga hanya dengan Allah saja. Bahkan ada yang membolehkan sekedar tiduran di masjid saja juga tidak apa-apa. Namun, betapa ruginya mengingat waktu yang begitu sempit, hanya 10 hari, kita buang-buang hanya buat tidur. Mungkin ada baiknya untuk memperdalam iman dan takwa melalui :
membaca buku-buku agama
membaca Al Quran dan memahami artinya (mentadaburinya)
membaca Riyadhus Shalihin
membaca Bulughul Maram
menyempurnakan bacaan shalat, termasuk gerakan-gerakannya,
dzikrullah
istighfar
berdoa agar bisa menjalankan shalat BMW secara istiqomah
dan sebagainya…

Inilah kesempatan paling baik bagi kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan bermunajat sepenuh hati kepada Allah SWT. Saatnya fokus kepada hablum minallah. Jangan lewatkan kesempatan emas ini. Belum lagi kita bisa menjemput malam laylatul qadr yang lebih baik dari seribu bulan … Subhanallah!

Semoga Allah SWT memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang atau kaum yang selalu menghambakan dirinya kepada Allah SWT. Amin.

Selamat i’tikaf ….!!!

Wassalamualaikum wr wb

No comments:

Post a Comment