Friday, February 12, 2010

HUBUNGAN MASYARAKAT

SILABUS (Silaturahim Birohmah Menjalin Ukhuwah)



Kegiatan ini berupa Kunjungan Silaturahim UKM Birohmah ke berbagai elemen baik masyarakat kampus maupun masayarakat diluar kampus yang bertujuan untuk meningkatkan ukhuwah islamiah dan mensosialisasikan kerja dakwah di birohmah.

Dari sejumlah Silaturahim yang dilakukan oleh Humas Birohmah dilakukan dengan bekerja sama dengan MCU, dilaksanakan di Lampung Post dan Radar Lampung. Melibatkan anggota Humas, MCU, dan beberapa pengurus Birohmah. Selain itu silaturahim juga dilaksanakan oleh masing-masing anggota Humas, diantaranya silaturahim dengan Birokrat kampus, dengan Ikhwan bersiltaurahim dengan Bapak Sugeng, dan akhwat dengan ibu Rektor. Silaturahim juga dilakukan pada beberapa orang ustadz dan juga instansi yang akan diajak kerja sama dalam melaksanakan kegiatan, salah satunya Lampung Peduli.

Selain itu juga Birohmah mendapat kunjungan dari UKM BAPINDA IAIN Bandar Lampung, dan juga UKMF FPPI Unila.



In_Come Birohmah (Informasi dan Komunikasi Birohmah)



Kegiatan ini berupa Penyebaran informasi serta menjalin komunikasi melalui sarana yang ada,yang bertujuan untuk menyebarkan informasi baik yang berupa hal-hal mengenai kebirohmahan dan isu-isu yang sedang berkembang dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama Birohmah dengan pihak-pihak Internal dan eksternal.

In_Come Birohmah dilaksanakan 2 kali yaitu pada saat penerimaan mahasiswa baru dengan menyebarkan pamflet dan leaflet yang menginfokan mengenai Birohamah dan mengenalkan Birohmah kepada masyarakat kampus khususnya mahasiswa baru. Dan mendapat respon yang baik dari mereka, Yang kedua dilaksanakan pada saat menjelang pelaksanaan agenda Idul Adha, mencoba membangun dan merintis kerjasama dengan beberapa instansi diinternal dan eksternal unila. Diantaranya dengan Lampung Peduli, dan juga Birokrasi Kampus.



Be_Friendly (Birohmah Bersahabat )



Kegiatan ini berupa kunjungan pada Desa binaan,Mengevaluasi panti yang ada pada desa binaan, Diskusi dan Aksi Peduli. Kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan hubungan yang erat dengan masyarakat yang ada pada desa binaan tersebut,mengetahui perkembangan panti binaan,memberikan pengetahuan kepada masyarakat untuk meningkatkan keterampilan hidup dan meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat. Kegiatan yang terealisasi berupa kunjungan pada desa binaan pada bulan ramadahan dan pada saat idul adha serta aksi damai pada hari ibu dan aksi terkait KPK.



BIMBEL (Birohmah Mengabdi Bersama LDKF)



Kegiatan yang dilakukan bertempat didesa Margo Lestari Lampung Selatan desa ini adalah merupakan desa yang dibina oleh UKM BIROHMAH Sejak tiga tahun yang lalu.Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ukhuwah islamiah didalam masyarakat,Meningkatkan hubungan yang erat Birohmah dan LDKF dengan masyarakat,meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat,tersosialisasikan kerja dakwah di Birohmah dan kerja dakwah LDK Fakultas didalam Masyarakat,mempererat ukhuwah antar UKM Birohmah Unila dan antar Lembaga Dakwah Kampus Fakultas (LDKF) didalam kerja dakwahnya dimasyarakat. Kegiatan ini dilakukan pada bulan Ramadan dan Hari raya Idul Adha.

Pada saat bulan Ramadhan kegiatan yang dilakukan adalah Iftor Jama’I, Makan malam bersama, Sholat Tarawih Ceramah Ramadhan, Pembinaan risma, Dibulan Ramadahan (hari kedua): Lomba-lomba yang diadakan untuk anak- anak TPA setempat.Acara ini berlangsung cukup berhasil dan menarik.





Lebaran Idul Adha Bersama Masyarakat Desa



Kegiatan yang dilakukan adalah Malam takbiran Takbiran Bersama Masyarakat dan Remaja Islam Masyarakat (Risma), Sholat Idul Adha Bersama, Silaturahmi Keliling Desa, Menyembelih Hewan Kurban, Membagikan daging kurban kepada masyarakat, dan lomba-lomba yang diadakan untuk TPA yang ada disana.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ukhuwah islmiah yang dijalin dan Meningkatkan kepedulian sosial Birohmah LDKF dan segenap keluarga besar Unila terhadap kondisi yang yang ada dimasyarakat. Kegiatan qurban yang dilaksanakan pun dapat berjalan dengan lancar. Pada kegiatan ini hewan qurban yang disembelih berjumalah 14 ekor yang didapatkan dari pada donatur baik dari kalangan rektor, dosen, mahasiswa dan berasal dari sponsor tunggal yaitu lampung peduli.Selain kegiatan penyembelihan hewan kurban pada acara ini juga dilaksanakan lomba-lomba yang melibatkan TPA yang berasal dari 4 dusun yang ada di Margo Lestari.Secara keseluruhan acara ini berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan yang baik dari warga desa margo lestari.





Program Kerja yang akan dilaksankan

Nama Kegiatan

BISA (BIROHMAH Sehat)

Kegiatan ini berupa

Riyadoh Jama’i

Tujuan Kegiatan

1. Mempererat ukhuwah antar pengurus dan antar lembaga kampus

2. Menjaga Kesehatan

Sasaran

Pengurus, LK, LDK, masyarakat kampus

Nama kegiatan

NEWBI ( Network Birohmah )

Deskripsi kegiatan

1. Pembuatan data base alumni, tokoh, dan instansi

2. Temu Alumni

Tujuan kegiatan

1.Mengumpulkan data-data alumni, tokoh, dan instansi agar dapat membangun komunikasi dan kerjasama yang baik

2. Mempererat ukhuwah antar pengurus, KMB, dan Alumni

Sasaran

Alumni, Tokoh Masyarakat, Instansi, Alumni, KMB, dan pengurus



No comments:

Post a Comment