Wednesday, February 3, 2010

Birohmah Adakan Pelatihan Jurnalistik

(Unila): Dunia jurnalistik yang kini sudah semakin berkembang pesat sangat disambut baik oleh berbagai kalangan, baik pelajar, mahasiswa atau masyarakat umum. Kegiatan yang sifatnya jurnalistik juga mulai banyak diminati kalangan mahasiswa di Universitas Lampung (Unila).

Hal tersebut yang mendorong Unit Kegiatan Mahasiswa Bina Rohani Mahasiswa (UKM Birohmah) Unila bekerjasama dengan Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Unila mengadakan Pelatihan Jurnalistik (Plastik) Mahasiswa se-Lampung. Kegiatan tersebut mengusung tema “Bersama Kita Tingkatkan Jurnalistik Kampus” di Gedung F Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Jumat-Minggu (22-24/01).



“Mahasiswa sekarang saya lihat hanya bisa mengkonsumsi media, tapi banyak yang tidak tahu bagaimana membuat dan mengelola media yang baik,” ujar Ketua Pelaksana Plastik, Gians Aditya Gumelar.

Lebih lanjut Gians mengatakan bahwa kegiatan ini menghadirkan pemateri dari beberapa koran harian umum di Lampung. Antara lain Adian Saputra (Aliansi Jurnalis Independen atau AJI) yang memberikan materi “Dunia Jurnalistik dan Kode Etik Jurnalistik”, Zulkarnain Zubairi (Redaktur Lampung Post) menyampaikan materi “Teknik Penulisan Berita”, Abdul Karim (Wartawan Radar Lampung) dengan materi “Teknik Penulisan Opini” dan “Teknik Layout dan Tata Letak” oleh layouter Tribun Lampung.

Mahasiswa pun sangat antusias dengan kegiatan ini. Hal ini telihat dari banyaknya jumlah peserta yang mendaftar, baik dari kalangan mahasiswa Unila sendiri maupun dari universitas lain, “peserta yang datang sekarang sekitar dua puluh orang,” ujar Gians. Kegiatan yang berlangsung tiga hari ini nantinya akan dibagi dua hari materi didalam ruangan dan satu hari kunjungan ke Lampung Post.

Gians mengatakan dari kegiatan ini diharapkan nantinya akan tumbuh bibit baru jurnalis muda di Lampung. “Kami juga bekerjasama dengan pihak Lampung Post untuk memfasilitasi jika nanti ada mahasiswa yang benar-benar berniat menjadi wartawan dan mau magang di Lampung Post,” imbuhnya. “Pihak panitia melalui Media Centre Umat (MCU) Birohmah juga nantinya akan memfasilitasi pembuatan buletin kampus bagi peserta yang benar-benar ingin praktik membuat media,” tambahnya. [andri/rihana/redha]

No comments:

Post a Comment