Friday, February 12, 2010

KAJIAN ILMIAH ISLAM

Tarhib Ramadhan

Kegiatanin berupa Kajian yang bertujuan menambah pemahaman tentang persiapan di bulan Ramadhan yang ditujukan untuk civitas akademika Unila.Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 11 agustus 2009 bertempat di masjid al-wasi’i, di buka oleh wakil PR 3 yaitu Pak Samsul Arif , dengan tema “Mungkinkah ini Ramadhan Terakhirku?”, dengan pemateri ust. Fachrul Rozi, dan dihadiri oleh ± 75 orang. Acara ini berlangsung cukup baik dan berjalan sebagmana mestinya dan sarat dengan ilmu yang bermanfaat yang berguna untuk mempersiapkan bulan ramadhan secara baik,

Tapis Unila (tabligh akbar plus iftor se-Unila)

Kegiatan yang bertujuan Memakmurkan Masjid Menambah tsaqofah islamiyah di bulan ramadhan,Mempererat silaturahim yang dilaksanakan di Masjid Al-Wasi’i Unila pada tanggal 10 September 2009, pukul 16.00 WIB. Kegiatan ini berupa Ceramah dan diskusi yang menghadirkan ustadz Hamdal yang mengangkat tema ”Menggapai kenikmatan sodaqoh”. Acara yang dihadiri oleh civitas akademika Unila dan masyarakat sekitar, bekerja sama dengan FSLDK Unila, BPH Al-Wasi’i, Rumah Zakat Indonesia (RZI), dll. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 400 Orang. Materi tersampaikan sesuai dengan yang telah direncanakan dan Kegiatan berjalan dengan lancar.



KALAMI (Kajian Islam Mingguan)

Kegiatan ini adalah kegiatan yang berupa Kajian Tafsir Qur’an, Fiqih, Kontemporer, Tauhid yang bertujuan Menambah wawasan tentang Al-Qur’an,Melatih diri utk mengkaji Al-Qur’an,Membentengi diri dari setiap usaha pendangkalan akidah, dan Menekan pengaruh ghozwul fikri yang diperuntukkan bagi ADK, civitas akademika, masyarakat sekitar. Kegiatan ini dilaksanakan I kali dalam seminggu.Kegitan ini sudah 12 kali dilaksanakan dengan materi- materi kekinian yang bermanfaat serta menambah ilmu pengetahuan dalam segi tafsir, fikih dan masalah yang dihadapi umat islam saat ini.

Palestine’s Day

Kegiatan ini dikhususkan untuk penggalangan dana, pemakaian atribut, penyebaran lembar info yang berhubungan dengan palestina. Kegitan ini bertujuan Menumbuhkan kepedulian terhadap Palestina,memberikan pemahaman yang benar tentang jihad di jalan Alloh.Kegiatan ini sudah pernah dilaksanakan yaitu pada tanggal 19 oktober 2009, 21 desember 2009 yang berupa pembagian info- info terkait palestina.

Kegiatan yang akan dilakukan

Tarbawi (Tabligh Akbar Birohmah di Alwasi’i)

Deskripsi kegiatan : Kajian, diskusi

Tujuan kegiatan : Menambah pemahaman keislaman civitas akademika

Mempererat silaturahim

Sasaran : Civitas akademika dan umum

Waktu pelaksanaan : Oktober(31), November(21), Desember (26),

Januari (23), Februari(27), Maret(20), April(24)

Nama kegiatan : B four (Bedah Buku Bareng Birohmah)

(progja bersama fakultas)

Deskripsi kegiatan : Bedah buku, diskusi

Tujuan kegiatan : - Menambah wawasan keislaman ADK

- Memotivasi ADK untuk menanbah referensi bacaan

- Meningkatkan minat baca di kalangan ADK

Sasaran : ADK

No comments:

Post a Comment