Wednesday, January 16, 2013

4 (Empat Tipe Iman) Yang Dimiliki Oleh Makhluk Ciptaan Allah SWT

Pengertian iman secara umum yaitu diucapkan secara lisan melalui perkataan secara tegas dan benar, diikrarkan di dalam hati/kolbu paling terdalam, dan selanjutnya dibuktikan dengan amal perbuatan. Iman merupakan suatu kunci dan pondasi bagi manusia untuk memilih jalan hidupnya agar lebih baik, mengarahkan seseorang kepada jalan kebenaran, membuat orang yang ragu menjadi yakin dan percaya bahwa segala aspek kehidupan kita diatur oleh yang maha besar, yaitu Allah SWT. Iman juga memberikan rambu-rambu bagi seseorang untuk mempertimbangkan dari setiap pekerjaan yang hendak dikerjakan serta menjadikan setiap orang semakin kuat kemampuan dirinya dari setiap kondisi yang menimpanya. 
 
Setiap kesedihan dan keburukan yang menimpanya semata-mata itu adalah ujian dan cobaan yang berasal dari Allah SWT. Dan ia harus tegar dan sabar dalam kehidupan yang dijalaninya. Ada beberapa indikator keimanan seseorang yang dapat terlihat dari beberapa contoh seperti: Ketika anda lewat di jalan, kemudian  anda melihat ada sebatang paku/kayu/sampah yang menghalangi jalan tersebut,maka bagi orang yang imannya kuat secara otomatis ia akan langsung mengambilnya. Ini adalah contoh sederhana yang dapat membentuk karakter keimanan seseorang. Di balik itu semua memang ternyata Allah menciptakan makhluk-makhluknya dengan berbagai macam tipe keimanan. Berikut ini cuplikannya:
4 Tipe Iman yang dimiliki oleh makhluk ciptaan Allah SWT:
1. Iman yg selalu meningkat dimiliki oleh para nabi dan rasul
2. Iman yg selalu menurun,dimiliki oleh sebangsa iblis,setan,dan jin
3. Iman yg selalu konstan/tetap,dimiliki oleh para malaikat Allah
4. Iman yg selalu fluktuatif(terkadang naik,dan terkadang turun),dimiliki oleh Manusia.
Dari keempat tipe di atas ternyata manusia memiliki tipe keimanan yang selalu fluktuatif. Itu artinya bahwa iman kita sebagai manusia terkadang turun dan atau naik oleh sebab tertentu. Meskipun kita ditakdirkan oleh Allah dengan sisi kelemahan tersebut, maka tidak membuat kita semakin lalai dan tingkat keimanan kita setiap harinya selalu menurun. Mari kita tingkatkan derjat keimanan kita dengan berbagai cara, contohnya shalat rutin setiap hari, puasa shunah, membaca Al-Qur'an, berbuat baik kepada ibu-bapak, dan perkara baik lainnya yang dapat kita terapkan dalam aktivitas sehari-hari.

1 comment: