Tuesday, December 28, 2010

SMART (Semarak Akhir Tahun) Keluarga Muda Birohmah 2010 (Langkah awal kerja KMB)


Oleh: Ahmad Sulaiman (Kabid Kaderisasi Birohmah)
Sebuah kebahagiaan yang sampai saat ini masih dirasakan oleh para panitia, sahabat KMB dan KAMU FSLDK Unila, atas terlaksananya sebuah rangkaian kegiatan yang dijadikan sebagai langkah awal kerja KMB.  Yaitu rangkaian SMART KMB 2010 yang merupakan kepanjangan dari “Semarak Akhir Tahun Keluarga Muda Birohmah 2010” di penghujung tahun 2010 tepatnya dari tanggal 20-26 Desember yang lalu. Bertemakan “New year, new spirit, new achievements”. Yang diharapkan di tahun 2011 mendatang kita benar-benar dapat memaknai Tahun baru, dengan semangat baru dan prestasi-prestasi baru yang siap kita capai.


SMART KMB ini terdapat 6 rangkaian acara. Yaitu grand opening, chapit special, kalami special, parade mothers day, spiritual night dan yang terakhir Birohmah super league. Rangkaian acara tersebut meliputi 3 aspek, yaitu membangkitkan spirit of life dari aspek ruhiyah, jasadiyah dan fikriyah.

Rangkaian acara yang pertama yaitu Grand opening disertai dengan ifthor jama’I yang dilaksanakan pada hari senin,pukul 16.00 tanggal 20 desember yang lalu. Bertempat di gedung FMIPA ruang R1. Grand opening ini dibuka dan diresmikan oleh Ust. Jazuli (anggota DPD RI) dengan pemukulan gong sebagai tanda di mulainya rangkaian SMART kemarin. Peserta dari acara ini sekitar 60 orang yang berasal dari berbagai Fakultas di Unila. Dalam acara ini Ust. Jazuli juga menyampaikan tausiyah yang bertemakan tentang “faktor-faktor yang mendulung kesuksesan Rosulullah SAW”. Dari kisah Rosulullah tersebutpeerta bisa mendapatkan banyak pelajaran.
Rangkaian acara yang ke-dua yaitu Chapit special (charging spirit special) yang didalamnya terdapat motivasi berprestasi. Dilaksanakan pada hari selasa, 22 Desember pukul 16.00 masih dengan tempat yang sama pada hari pertama rangkaian SMART di R1 gedung FMIPA. Acra ini diisi oleh kak Suhendra dari Trusco. Peserta acara ini mencapai 60 orang. Dengan tema “menggapai UAS gemilang” yang disampaikan secara interaktif sehigga pesertapun terotivasi untuk belajar giat dan menghilangkan persepsi negatif. Karena persepsi negatif adalah belenggu dan persepsi positif adalah kerangka untuk maju. Belajar tanpa do’a adalah sombong dan do’a tanpa belajar adalah bohong.

Rangkaian acara yang ke-tiga yaitu kalami special. Tausiyah yang bertemakan “ the power of mother” disampaikan oleh Ust. Ari yasin. Acara ini adi ikuti 80 peserta. Dimulai dari pukul 16.00 pada hari kamis tanggal 23 Desember yang lalu di masjid al-wasi’i. dengan pembagian puisi berjudulkan “selembar surat cinta untuk Bunda”.

Rangkaian acara ke-empat yaitu parade mothers day dengan keputrian FSLDK yang dilaksanakan mulai dari tanggal 24-26 Desember. Terdapat 3 rangkaian acara, yaitu muslimah merajut ukhuwah dengan agenda pembagian jilbab gratis di sekitaran Unila yang sasaranya muslimah belum berjilbab. Kemudian kompetisi volly muslimah yang diikuti Unila,Darmajaya dan IAIN. Juara pertama FP Unila, kedua Darmajaya dan yang ketiga FISIP Unila. Rangkaian selanjutnya seminar muslimah menghadirkan 3 Bunda istimewa yaitu Bunda Tabah, Bunda Meri dan Umi Venti dari skill enterpreneur, politisi dan hafidzoh. Peserta sekitar 50 orang. Tema seminar kemarin  “menyiapkan ibu yang berkualitas di masa depan”.

Rangkaian acara ke-lima yaitu spiritual night. Ikhwan bertempatkan di al-wasi’i. tausiyah disampaikan oleh Ust. Muzammil Yusuf (anggota DPR RI). Pada hari sabtu tanggal 25 Desember yang lalu. Sedangkan yang akhwat di kostan salah satu mba pengurus Birohmah di Btn. Hanya di ikuti 4 orang akhwat. Tapi insyallah mewakili 400 orang. Dan 9 orang mba-mba dari Birohmah.

Rangkaian acara terakhir yaitu BSL(Birohmah super league). Pada hari minggu tanggal 26 Desember yang lalu. Yang akhwat dengan perlombaan footsal. Rangkaian acara SMART kemarin cukup sukses, meskipun target peserta tidak tercapai sempurna. Salam dahsyat unbtuk sahabat-sahabat yang telah berpartisipasi dalam rangkaian acara ini. Semoga yang telah kita laksanakan ternilai ibadah olehNya. Ambil pelajaran dari ketidak sempurnaan acara kemarin. Dan semoga rangkaian acara kemarin bisa menghantarkan kita pada tahun yang baru, dengan semangat baru dan prestasi-prestasi baru yang siap kita capai.

Bertahanlah kawan.
Jalan dakwah panjang terbentang jauh ke depan
Duri dan batu terjal selalu mengganjal, lurah dan bukit menghadang
Ujungnya bukan di usia, bukan pula di dunia
Tetapi Cahaya Maha Cahaya, Syurga dan Ridha Allah
Cinta adalah sumbernya, hati dan jiwa adalah rumahnya
Pergilah ke hati-hati manusia ajaklah ke jalan Rabbmu
Nikmati perjalannya, berdiskusilah dengan bahasa bijaksana
Dan jika seseorang mendapat hidayah karenamu
Itu lebih baik dari dunia dan segala isinya…
Jika engkau cinta maka dakwah adalah jihad
Sungguh-sungguh di medan perjuangan melawan kebatilan
Tinggikan kalimat Allah rendahkan ocehan syaitan durjana
Kerjakeras tak kenal lelah adalah rumusnya,
Tinggalkan kemalasan, lamban, dan berpangkutangan

No comments:

Post a Comment