Tuesday, December 28, 2010

UKM BIROHMAH UNILA ADAKAN FESTIVAL BEDUK DAN PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN

Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1431 H, UKM BIROHMAH Unila mengadakan Festival Beduk dan Penyembelihan Hewan Qurban dengan tema “Indahnya Berbagi Dengan Sesama”di Desa Marga Lestari Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan, Rabu (17/11). Kegiatan ini berkerjasama dengan FSLDK Unila, Lampung Peduli, Rektor dan para Dosen Unila yang menyalurkan hewan qurbannya melalui Birohmah.
Bukan kuantitas yang seharusnya dilihat dari hewan qurban yang diterima akan tetapi lebih kepada makna dari Idul Adha itu sendiri, bahwa setiap orang harus berkorban dalam menjalani hidup ini. Demikian diungkapkan oleh Triono selaku pemangku agama di Dusun 2 sekaligus yang menerima penyerahan hewan qurban atas nama Lampung Peduli dan Dosen Unila. Dalam sambutannya Wakil Ketua 1 Birohmah, Ahmad Anshori, mengungkapkan moment iedul qurban ini merupakan pelajaran bagi kita agar kita bisa lebih sabar dalam menghadapi cobaan hidup sebagaimana dijelaskan dalam Kisah Nabi Ibrahim,as. Acara penyerahan hewan qurban dilanjutkan dengan penyembelihan satu ekor sapi di pelataran Masjid Nurul Iman yang dilakukan oleh Kepala Dusun 2 dan panitia qurban serta para mahasiswa Unila.

Festifal Beduk yang dilaksanakan pada malam takbiran diikuti oleh para remaja putra dan putri serta anak-anak di desa binaan Birohmah tersebut. Peserta festival beduk berkeliling kampung dengan membawa peralatan seperti obor, beduk, dan alat-alat yang bisa berbunyi lainnya. Festival ini dimeriahkan dengan adanya atraksi obor yang dilakukan oleh warga desa. Salah satu keunikan festival beduk ini adalah beduk yang dibawa berkeliling kampung di bawa dengan gerobak sapi milik warga desa. Meski tidak ada pengeras suara festival beduk ini berjalan meriah dan para warga sangat antusias. Sekitar 30 orang mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini juga sangat terhibur dan mendapatkan banyak pelajaran dari kehidupan masyarakat di Desa Marga Lestari.
 
Adapun rangkaian kegiatan terahir yang dilakukan di Desa Binaan adalah pembagian bingkisan untuk warga kurang mampu di dusun yang tidak memperoleh jatah daging qurban yakni Dusun1 dan 3 yang dilakukan oleh panitia FSLDK Unila. Kegiatan ini sekaligus untuk memperkenalkan Birohmah dan FSLDK kepada warga desa, dengan harapan warga desa terutama para pemudanya bisa aktif dalam kegiatan keagamaan dan kegiatan-kegiatan lainnya karena kemajuan suatu daerah itu tergantung dari keaktifan pemudanya.

Selain di Desa Binaan tersebut, Birohmah juga melakukan penyembelihan hewan qurban di Dusun Sukamakmur Desa Sukadana Udik Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara. Penyerahan satu ekor sapi atas nama Rektor Unila dilakukan oleh Ketua Birohmah, Andriyansyah, kepada Muntasky selaku Kepala Dusun dan Agus Suparno selaku Ketua Masjid Nurul Huda.


By: Maria Ulfah, Sekum Birohmah Unila

No comments:

Post a Comment