Saturday, September 22, 2012

Ensiklopedia Islam: Kantin Kejujuran (Bisakah Semua Orang Bersikap Jujur????)

-->
Oleh: Wahid dan Parahat

Artikel ini sempat mau diterbitkan pada majalah FIKRI FPPI FKIP Unila.  Tapi terkendala nih ceritanya...gua posting aja ya di sini... ayo silahkan dibaca :)


Problematika yang kompleks yang terjadi pada semua aspek kehidupan di negeri ini termasuk degradasi moral yang dalam hal ini terkait dengan permasalahan kejujuran yang saat ini masih sering dipertanyakan . Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan guna meningkatkan jiwa kejujuran salah satunya mari kita tengok sebuah tempat yang dinamakan“ Kantin Kejujuran”.





Contoh dari hal tersebut terlihat seperti yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unila, yaitu dengan adanya kantin kejujuran yang berada di depan gedung dekanat FKIP Unila. Kantin ini awalnya didirikan pada bulan oktober 2010, dan secara resmi dibuka pada tanggal 14 desember 2010. kantin ini digawangi pertama kali oleh Bapak Abdul Manan dan kantin ini di bawah wewenang koperasi pegawai negeri Unila.





Tujuan didirikan kantin ini menurut Bapak Abdul Mana yaitu untuk meningkatkan jiwa kejujuran baik mahasiswa, para dosen, serta masyarakat umum.





Uniknya kantin ini tidak hanya untuk makan-makan saja, bahkan ada beberapa mahasiswa yang menggunakan kantin ini sebagai sarana belajar, alias ngerjain tugas kampus, Ujarnya.





Kantin ini dinamakan kantin kejujuran karena produk yang dijual di sini di sediakan begitu saja, karena ada beberapa produk yang bebas diambil konsumen, dan untuk pembayaran uang muka dibayar diakhir setelah makan selesai.





Dikantin ini ada beberapa penawaran seperti, fotocopy, rental computer, dan beberapa jenis makanan. Tiap hari banyak pengunjung sekitar 50 pengunjung. Harga barang yang ditawarkan disesuaikan dengan harga mahasiswa, dan berbeda dengan harga dosen dan karyawan lainnya.





Untuk jam kerjanya setiap hari dari senin s.d minggu. Karena menurutnya pada hari minggu juga banyak mahasiswa prajabatan yang kuliah.





Dibuka kantin kejujuran tidak membuatnya menjadi surut langkah untuk meneruskan program ini. Meskipun ia pernah rugi. Kalau rugi saya pernah mas, tapi ya itu hal yang biasa dan itulah sebuah pengorbanan sekaligus disini saya ingin melatih semua orang untuk jujur”. Ujarnya. Menurutnya juga, tingkat kejujuran masyarakat FKIP masih bisa dibilang baik. (doc.MCU 12/13).
Hayo yang sering makan di kantin, jujur ya????









No comments:

Post a Comment