Tuesday, September 4, 2012

Tips And Trix: Kuliah Ok, Sehatpun Ok !


By: Tim Kreatif MCU Birohmah 2012/2013

Waaaaw, udah pada mulai masuk kuliahkan? Ok saya akan menyapa rekan-rekan saya yang ada di Unila. Semoga semua rekan-rekan saya dalam keadaan sehat ya?. Ngomong-ngomong tentang kesehatan, admin blog juga pengen lho sehat walafiat, teyuzzzz kuliahnya juga lancar and OK gitu. Berikut ini admin akan memberikan trik-trik sehat untuk sobat blog dalam menjalani aktivitas kuliah/sekolah biar kondisi badan tetap sehat dan gak loyo. Berikut ini trik-triknya: (dibaca ya?)

1. Banyak mengonsumsi air putih/mineral
Air merupakan sumber kehidupan utama dan penting bagi kesehatan tubuh manusia, serta kekurangan air lebih cepat menjadi parah daripada kekurangan bahan makanan tertentu.  Karena air memberikan peranan yang berarti. Seseorang dapat meninggal dunia apabila dalam jangka waktu lebih kurang 4 sampai 5 hari tidak mengonsumsi air, namun seseorang dapat hidup ketika tidak mengonsumsi bahan makanan dalam beberapa minggu (4-5 minggu) tetapi tetap mengonsumsi air. Apabila kebutuhan air ini tidak tercukupi oleh seseorang dalam aktivitas rutin hariannya, maka bisa saja orang tersebut akan menderita kekurangan cairan tubuh (kadar sodium tubuh rendah) sehingga mudah sekali orang tersebut terserang dehidrasi (kondisi krisis air pada beberapa tingkat sel dan jaringan tubuh), sehingga orang yang merasa dirinya sering mengalami kendala ini perlu kiranya jangan sampai telat minum air ukuran normal 6-8 gelas per hari/1500-2000cc (rata-rata aktivitas minum usia tingkat dewasa). Ciri-ciri orang yang jarang mengonsumsi air mudah lelah, produktifitas kerja kurang maksimal, terkesan kurang semangat, dan metabolisme tubuh sering terganggu/imbalance.

2. Meluangkan waktu untuk berolahraga minimal 3 kali/pekan
Ternyata olahraga sangat memberikan kontribusi yang baik bagi kesehatan seseorang. Luangkanlah waktu kita untuk aktivitas ini, misalnya hanya dengan berjalan kaki, lari-lari kecil/jogging, fitness, bermain futsal, dan olahraga lainnya. Olahraga akan memperkecil kemungkinan datangnya stress akibat menumpuknya tugas-tugas kuliah, menghindari  penyakit arteriosclerosis/penyumbatan pada pembuluh darah akibat adanya penimbunan kolesterol dan lemak jahat, jantung koroner dan stroke, dan selain itu olahraga dapat merefress otak untuk bekerja maksimal kembali. Penelitian yang dimuat dalam Journal of Sport & Exercise Psychology menemukan bahwa olahraga sedikitnya 15 menit setiap hari akan meningkatkan perasaan positif seperti antusiasme, kebanggaan, kebahagiaan, dan kegembiraan.

3. Mengonsumsi makanan bergizi
Mengonsumsi makanan bergizi sangat penting bagi mahasiswa, aktifitas berpikir lebih banyak memerlukan suplaian energi, sehingga banyak membutuhkan makanan bergizi. Makanan yang bergizi harus memenuhi takaran seimbang yang diperoleh dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

4. Hindari stress kerja dengan cara meluangkan waktu untuk refressing sejenak
Di atas kesibukkan kuliah kita, usahakan kita mampu meluangkan waktu refressing di luar jadwal kuliah. Tujuan dari hal ini selain menghindari stress kerja juga mampu menciptakan suasana baru untuk memulai aktivitas rutin selanjutnya. Sebagai contoh refressing untuk berolahraga dengan teman-teman, berbelanja, ngaji, berkumpul dengan keluarga atau lingkungan organisasi kampus, dan sebagainya.

5. Mengontrol pola makan sehat (3 kali setiap hari)
Jangan sampai ketika aktivitas kuliah kita padat justru kita melupakan hal-hal sepele seperti makan yang tidak tepat waktu. Biasanya yang sering dilupakan orang yaitu sarapan pagi. Padahal sarapan pagi itu sangat penting untuk melancarkan metabolisme dan sistim pencernaan makanan kita, menghindari batuk dan pilek, menjaga sistim imunitas tubuh agar tetap kuat, meningkatkan produktifitas kerja, menghindari pusing/lelah, dan memicu semangat dalam bekerja. Jadi mulai sekarang aturlah pola makan kita dengan pola makan sehat 3 kali sehari, pagi, siang, dan malam. Dan jika kita makan di luar, hendaknya mencari kantin atau warung makan yang sehat. Dan ingat untuk merubah satu langkah sehat ke depan, hanya diri kita yang siap menjalaninya. Semoga artikel yang saya buat ini membantu anda semua.(doc.whdp).

No comments:

Post a Comment